Quote:
JAKARTA – University of Nottingham, Inggris dinobatkan sebagai kampus hijau terbaik sedunia. Peringkat ini diumumkan pada University of Indonesia (UI) GreenMetric Rangking of World Universites 2011.Universitas yang masuk dalam daftar 10 perguruan tinggi top di UK ini menempati posisi pertama dengan nilai 8.033. Sementara, Northeastern University dari Amerika Serikat dengan nilai 7.981 berada tepat di belakangnya. Kemudian, peringkat tiga dihuni oleh University of Connecticut yang juga berasal dari Negeri Paman Sam tersebut dengan skor 7.708.Adapun perguruan tinggi Tanah Air yang berhasil masuk dalam 50 besar dunia yaitu, UI di peringkat ke-22 dengan skor 7.124, Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan nilai 6.648 di peringkat 40, serta Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi 49 dengan skor 6.402.

Berdasarkan hasil korespondensi, survei, dan pemeringkatan langsung yang dilakukan secara online, terpilih 178 Universitas dari 42 negara di dunia yang memenuhi standar penilaian tim UI GreenMetric. Peserta UI GreenMetric Ranking of World

Universities 2011 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 95 perguruan tinggi.

Beberapa negara yang berpartisipasi dalam UI GreenMetric Ranking of World Universities 2011 di antaranya, Prancis, Palestina, Chile, Cekoslovakia, Romaniah, dan Afrika Selatan. Pemeringkatan UI GreenMetric Rangking of World Universities ini dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni lingkungan (enviroment), ekonomi (economic), dan keadilan (equity) atau disebut dengan 3’Es.

Berbagai peningkatan metodologi dan survei terus dilakukan oleh Tim UI GreenMetric guna menghasilkan pemeringkatan yang komprehensif. Salah satunya dengan mengembangkan bobot indikator penilaian yang terdiri dari statistik kehijauan kampus (24 persen), pengelolaan sampah (15 persen), energi dan perubahan iklim (28 persen), penggunaan air (15 persen), dan transportasi (18 persen).

Ketua Tim UI GreenMetric Rangking of World Universities Riri Fitri Sari mengatakan, tahun ini UI GreenMetric telah diterima sebagai anggota International Ranking Expert Group (IREG) Observatory yang berpusat di Belgia. Hal ini didukung oleh referensi dari US News Ranking, HEEACT rangking Taiwan, dan IHEP Washington DC.

“IREG adalah lembaga yang penting karena IREG melakukan program audit dan sertifikasi bagi lembaga pemeringkatan universitas sedunia,” ujar Riri seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Kamis (15/12/2011).

Selain itu, berbagai analisa pemanfaatan pemeringkatan universitas di forum UNESCO dan IREG, serta berbagai publikasi ilmiah di Jurnal internasional di Eropa dan Amerika juga menggunakan UI GreenMetric. Melalui pemeringkatan ini akan ditentukan universitas sedunia yang inovatif dan sesuai dengan tema utama pengembangan masyarakat dunia mengantisipasi perubahan iklim global.(mrg)

sumber
berbanggalah jadi orang indonesia gan

makin terkenal aja kita ini

asalkan jangan korupsi yg terkenal

Komentar kamu sangat berharga bagi kami

Just share, Berbagi :)