ments

wiliam-wongso

Indonesia adalah negeri yang subur, “gemah ripah loh jinawi”. itulah istilah yang sering kita dengar waktu sekolah di SD maupun SMP.Hampir semua tumbuhan bisa tumbuh di negeri yang subur ini. Salah satu tumbuhan yang banyak tumbuh adalah melinjo atau istilah kerennya gnetum gnemon. Istilah SMA yang masih sempat saya ingat karena namanya unik dan saya suka metik buah melinjo kemudian memasaknya. kebetulan di kebun kakek banyak sekali pohon melinjo. ^_^ dalam bahasa sunda disebut tangkil, dalam bahasa melayu disebut bago dan dalam bahasa kamboja disebut khalet.

Dalam acara sambut Dubes RI Baru di Jepang hadir juga pakar kuliner Indonesia wiliam wongso, nama yang cukup populer bagi masyarakat indonesia. Dalam sesi terakhir setelah sambutan dan diskusi dengan DUBES Baru  wiliam wongsopun ikut urun bicara, kebetulan saat itu beliau akan mentraining para koki Garuda Indonesia di Jepang.

Beliau menceritakan melinjo akan menjadi bahan makanan mahal di Jepang. Sedang di jepang sendiri belum ada pohon melinjo jadi sasaran impor kemungkinan besar adalah indonesia. Sedang di Indonesia sendiri makanan satu ini termasuk makanan yang ditakuti karena mitos bisa terkena asam urat.Memang benar menyebabkan asam urat jika dikonsumsi berlebihan dan diolah tidak sesuai. Misal digoreng dengan minyak yang sudah dipakai beberapa kali. Jadi yang menyebabkan asam urat bukan mlinjonya tapi gorengannya. Jika diolah denga benar dan tidak berlebihan insyaAllah tidak akan menyebabkan asam urat.

mlinjo

Padahal di Jepang sendiri telah dilakukan penelitian oleh seorang profesor di Osaka prefecture university bahwa melinjo sebagai tonik otak karena memperkuat daya ingat dan mempunyai kasiat anti oksidan kuat dan berperan penting dalam oksidasi radikal bebas penyebab penuaan dini dan pikun.

Di Jepang juga ada rencana pengolahan mlinjo untuk tepung makanan karena tingginya khasiat dari buah ini.

Selain itu kandungan protein dalam melinjo tidak akan rusak walau dimasak sampai suhu 180 derajat. Subhanallah. Masihkah kita takut makan melinjo?

Kalau saya paling suka dari makanan buahnya langsung dengan di godok, dibuat emping yang gurih dan renyah. apalagi sayur bening daun melnjo dalam bahasa jawa di sebut “godong so” , kemudian bijinya yang masih kecil2 di sebut “kroto” itu kalau di botok enak tenan. Dan masih banyak variasai makanan laen mungkin.

Para petani melinjo siap2 aja melinjo anda akan di ekspor ke Jepang ,jangan mau dibeli murah😀

Semoga bermanfaat ^_^

Komentar kamu sangat berharga bagi kami

Just share, Berbagi :)

Sumber