Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu yang mungkin sangat dicari beberapa kalangan saat ini, khususnya para pemuda yang telah atau akan menyelesaikan pendidikan tingkat atasnya. Tak salah apabila dalam seleksi penerimaan Mahasiswa Baru untuk setiap PTN di Indonesia berjalan cukup ketat terutama dalam perhelatan akbar SNMPTN setiap tahunnya. Pasalnya, banyak kalangan menganggap bahwa ketika seseorang menuntut ilmu di suatu Perguruan Tinggi milik pemerintah, maka prospek kerja kedepannya sedikit lebih mudah. Oleh karena itu, untuk masuk ke dalam dunia kampus yang notabene-nya adalah instansi nagara bukanlah suatu hal mudah. Apalagi bagi para peserta SNMPTNyang kabarnya mencapai 500ribu peserta tiap tahunnya.

Disini, admin PTN-Online akan sedikit membahas jalur apa saja yang mungkin bisa teman2 ikuti dalam rangka menuju PTN impian teman2 sekalian. Berikut beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN ternama di Indonesia (th. 2011):

1. Institut Teknologi Bandung (ITB) ; Jalur SNMPTN saja

2. Universitas Indonesia (UI) ; SNMPTN, SIMAK UI

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ; SNMPTN, Seleksi masuk ITS (SMITS)

4. Universitas Gadjah Mada (UGM) ; jalur SNMPTN saja

5. Universitas Padjajaran ; SNMPTN, Seleksi masuk UNPAD (SMUP)

Untuk seleksi masuk UNPAD dan ITS (SMITS dan SMUP) biaya-nya sedikit di atas rata-rata karena jalur ini termasuk jalur mandiri. Lain halnya dengan jalur SIMAK UI yang merupakan seleksi mahasiswa baru dari jalur reguler sehingga harga uang pangkal dan uang semester-nya tidak berbeda dengan teman-teman yang lolos dari jalur SNMPTN. Berdasarkan pengalaman, untuk jalur selain SNMPTN yang diadakan 3 universitas besar di atas kemungkinan lolosnya lebih besar dari jalur tulis SNMPTN. Namun, tetap saja usahakan rencana teman2 lolos pada jalur SNMPTN yang merupakan jalur seleksi PTN yang akan diadakan pertama kali sebelum ujian-ujian mandi dilaksanakan. Selamat memilih jalur alternatif yang akan teman ikuti nantinya…

Komentar kamu sangat berharga bagi kami

Just share, Berbagi :)

sumber : http://blogs.itb.ac.id