Pakar ilmu pendidikan dari Universitas Negeri Padang Prof Jamaris Jamna menilai, ujian nasional (UN) harus tetap dilaksanakan dengan sebaik mungkin, karena merupakan salah satu cara mengukur akuntabilitas sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.

“UN tidak relevan atau bagaimananya, bukan itu lagi yang harus dipersoalkan. Harus disadari bahwa UN juga merupakan salah satu pengukur akuntabilitas sekolah dalam melaksanakan program pendidikan,” katanya pada kegiatan sosialisasi UN 2012 oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di salah satu hotel di Padang, Rabu (28/12).

Menurut dia, tujuan UN selama ini belum seutuhnya dipahami secara lurus terutama oleh sekolah. Seharusnya sekolah tidak hanya mengejar target kelulusan UN, namun dituntut melaksanakan prosedur UN sebagaimana mestinya. “Jangan lagi ada kecurangan, karena intinya UN untuk menguji kualitas pendidikan di setiap sekolah,” tuturnya.

Sedangkan akuntabilitas yang dimaksud, lanjut dia, adalah sejauh mana sekolah membuktikan bahwa anggaran pendidikan yang telah dikucurkan pemerintah dapat dimaksimalkan dengan menghasilkan kualitas pendidikan yang baik.

Hitung-hitungannya, menurut Jamaris, dapat dilihat secara nyata dari hasil kelulusan UN. Jika akuntabilitas penggunaan anggaran hanya diberikan dalam bentuk kuitansi, itu bukan pekerjaan sulit karena sudah menjadi bagian dari administrasi.

“Yang kita inginkan, sekolah dan instansi terkait menghasilkan kualitas pendidikan dari amanah anggaran yang telah diberikan, dan tentunya semua pihak menghendaki adanya bukti kualitas pendidikan itu yang salah satunya terbukti dari hasil UN,” katanya.

Jamaris yang juga anggota BSNP itu mengatakan, saat ini bukan zamannya lagi sekolah berpikir soal peringkat UN. UN bukan dimaksudkan sebagai ajang perlombaan, namun sebaliknya lebih kepada mutu pendidikan.

Menanggapi hal itu, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sumbar tidak menargetkan hasil apa pun dalam pelaksanaan UN 2012. “Tidak ada target apa pun yang direncanakan terkait pelaksanaan UN pada 2012” kata Kepala Disdikpora Sumbar Syamsulrizal.

Disdikpora lebih menekankan kepada semua sekolah di Sumbar untuk lebih bekerja keras agar mencapai hasil terbaik. Salah satu usaha untuk persiapan UN 2012, Disdikpora telah melakukan pra UN di sekolah-sekolah yang hasilnya dijadikan tolok ukur sampai dimana sekolah dapat menilai kemampuan siswanya.

“Kita juga mengharapkan hasil UN menjadi bukti akuntabilitas proses pendidikan yang berkualitas di Sumatera Barat,” katanya menegaskan.

Request artikel boleh kirim via emai atau komentar.

Semoga Bermanfaat :)

Komentar kamu sangat berharga bagi kami

Just share, Berbagi :)

Sumber