Setelah sekian lama tidak memposting tentang kesehatan (karena sibuk ngurus bayi orang :D). Mungkin sekarang saatnya kembali mengulas tentang kesehatan. Kebetulan lagi musim penghujan gini, jadi enaknya mbahas tentang ujan ujanan😀

“Jangan menahan bersin” itulah saran kesehatan yang sering kita dengar.
Asal kalian tahu saja yaaa, bersin memiliki kecepatan 70 meter per detik atau 250 KM PER JAM !!!!. Saya yakin motor (bebek/matik) kalian takkan bisa mencapai kecepatan tersebut😀
Bersin merupakan reaksi penyesuaian karena ia menyingkir ingus yang mengandung partikel atau gangguan asing dan membersihkan rongga hidung

Pada 400 SM jenderal Athena Xenofon memberikan pidato dramatis yang mengimbau anggota-anggota pasukannya untuk mengikutinya menuju kemerdekaan atau mati dalam menghadapi tentara Persia. Ia berbicara selama satu jam berusaha memotivasi pasukannya dan meyakinkan bahwa mereka akan kembali dengan selamat ke Athena, sampai seorang tentaranya menggarisbawahi kesimpulannya dengan sebuah bersin. Karena yakin bahwa bersin ini adalah tanda dari dewata bahwa mereka berkenan atas pasukan Athena, maka tentara-tentara itu memberi hormat kepada Xenofon dan mengikuti perintahnya.

Di Hongaria, Slowakia dan Slovenia dan beberapa negara Timur Tengah bersin yang terjadi setelah seseorang membuat pernyataan kadang-kadang ditafsirkan sebagai konfirmasi dari Tuhan bahwa pernyataan itu benar.

Di Jepang, ada kepercayaan bahwa bersin adalah tanda bahwa ada orang lain atau seseorang yang berada jauh daripadanya yang membicarakannya atau menjelek-jelekkannya di belakangnya.

Ada keyakinan umum di India bahwa orang yang bersin mengingat atau diingat oleh orang yang disayanginya. Kebanyakan orang India menganggap bersin sebagai sesuatu yang sehat. Tidak bisa bersin adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Psychology Today melaporkan bahwa para pilmuwan India menyebut ketidakmampuan untuk bersin sebagai “asneezia”; orang India telah lama mempunyai kebiasaan untuk menghirup tembakau sebagai cara untuk menimbulkan bersin secara artifisial.

Bahkan, berkat bersin seorang pria Italia membuat tim dokter suatu rumah sakit di Kota Naples terkesima.
LOH???.
Alasanya adalah karena dia tertembak peluru nyasar di bagian kepala, dia tetap hidup. Bahkan, dia sendiri yang berhasil mengeluarkan peluru dari kepalanya setelah tak sengaja bersin. Menurut stasiun televisi BBC, pria beruntung itu bernama Darco Sangermano.

Darco dilarikan ke rumah sakit setempat setelah kena peluru nyasar ketika larut dalam perayaan pesta Malam Tahun Baru di Naples. Entah siapa yang menembak, peluru kaliber .22 itu menghantam sisi kanan kepala Darco dan menembus bagian belakang mata sebelah kanan sebelum bersarang di salah satu lubang hidung. Dalam keadaan kepala berdarah, Darco langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Beruntung, menurut tim dokter, pria berusia 28 tahun itu tidak sampai menderita luka serius.

Bahkan, saat menunggu tindakan dari dokter, Darco berhasil mengeluarkan peluru yang hinggap di lubang hidung setelah dia bersin. Namun, Darco tetap menjalani bedah karena laju peluru itu menyebabkan pecahan-pecahan kecil dari tengkoraknya sehingga serpihan itu harus dikeluarkan dari kepala pasien. Setelah itu, Darco juga harus menjalani bedah laser untuk menyembuhkan retina mata kanan yang rusak. Menurut dokter, Darco lolos dari maut karena laju peluru itu telah melambat saat menembus tengkoraknya.

Dia tidak menyangka bila terkena tembakan. Kepada harian Daily Mail, dokter yang mengobati Darco, Profesor Sid Berrone, mengaku bahwa kasus itu sangat jarang terjadi di Italia. Berrone mengaku ini merupakan pengalaman dia pertama sebagai dokter dalam menangani pasien seperti Darco. “Dia pria yang sangat beruntung karena bisa saja langsung terbunuh,” kata Berrone.

Jangankan peluru, mata kalian pun bisa “NYONGLOT” jika kalian menahan bersin.
Ga percaya???., Coba aja sendiri. saya mah belum pernah dan ga akan pernah coba.
Ngapain coba?. Kurang kerjaan. hahahahaha😀
Atau mau kayak gini ?????

Request artikel boleh kirim via emai atau komentar.

Semoga Bermanfaat🙂

Komentar kamu sangat berharga bagi kami

Just share, Berbagi🙂

Sumber