KERA dan berbagai spesiesnya telah lama dikenal sebagai hewan yang cerdas dan mampu meniru perilaku manusia. Kanzi, seekor simpanse berjenis bonobo, merupakan salah satunya.

Kanzi merupakan salah satu bonobo yang dirawat oleh Dr Sue Savage-Rumbaugh, seorang pakar peneliti bahasa dan perilaku kera. Bagi Sue, Kanzi merupakan simpanse tercerdas yang pernah dirawatnya, karena mampu menyalakan api dari korek gas dan memasak sendiri.

“Kanzi belajar menyalakan api dari film Quest for Fire, film kesukaannya saat masih kecil. Kanzi menontonnya berulang-ulang kali,” ungkap Sue seperti dikutip Daily Mail, Jumat (30/12).
Simpanse berumur 31 tahun itu kerap menemani Sue hiking, mengumpulkan ranting kering dan membuat api unggun. Kemampuan untuk mengumpulkan ranting itu dipelajarinya sejak berusia lima tahun.
Saat menyalakan api, Kanzi juga terlihat sangat berhati-hati saat memegang korek agar tidak membakar tangannya sendiri. Kanzi bahkan mencari ranting lebih banyak saat api mulai mengecil.
Lebih mengejutkan lagi, Kanzi membantu Sue memasak, lalu mengambil sebatang ranting yang tipis dan membakar marshmallow sendiri. Saat akan pulang, Kanzi tidak lupa mematikan api unggun dengan sebotol air mineral.
Kanzi juga menurunkan sejumlah keterampilan pada anaknya, Teco, yang juga tinggal bersama Sue. Salah satunya kemampuan berkomunikasi dengan bahasa manusia yang dilakukan lewat keyboard khusus dengan simbol lexigram. Lewat serangkaian latihan, Kanzi mampu menguasai 500 kata dan memahami 3000 ucapan.

  sumber