Category: Otomotif


Perbedaan Antara Mobil Matic Dengan Mobil Manual
Cara pengoperasiannya :
Matic anda tinggal injak pedal gas atau injak rem , hanya dengan satu kaki yakni kaki kanan , jangan sekali-kali menggunakan dua kaki seperti mobil manual. Pada mobil dengan trarnsmisi manual , kedua kaki anda aktif, kaki kiri untuk menginjak pedal kopling, kaki kanan untuk menginjak rem atau gas.
Jadi pada mobil matic, kaki kiri anda bebas sama sekali, sedang tangan kiri anda juga bebas , kecuali anda mundur , parkir, dan pertama kali bergerak maju.
Sistem kerja dari versnelling maticSistem kerja dari versnelling  manual
Sistem kerja dari versnelling matic dan manual, ada beberapa perbedaan , tetapi yang inti adalah pada sistem matic perpindahan gigi diatur oleh ECU ( sistem matic sekarang yg sudah canggih)
Matic atau Transmisi kecepatan automatic , fungsi kecepatan putaran disesuaikan secara automatic dengan putaran mesin atau di jalan menurun dengan putaran mesin rendah , oleh karena ada gaya dorong dari berat kendaraan sehingga akan terjadi percepatan secara automatic. Manual atau Transmisi , Fungsi kecepatan kendaraan disesuaikan dengan putaran mesin dan diatur secara manual dan bertahap , pada jalan menurun dengan putaran mesin rendah transmisi manual dapat menjadi alat bantu pengereman atau menahan laju kenderaan. Kenderaan matic simple dan pemakaian kampas rem agak berlebih , hati-hati pada jalan licin dan berlumpur.
Perbedaan yang paling jelas adalah:
Mobil matic merubah rasio transmisi daya dari mesin menuju ke roda secara otomatis
Mobil matic merubah rasio transmisi daya dari mesin menuju ke roda secara otomatis untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi maupun penumpang. sedangkan Mobil manual memungkinkan pengemudinya untuk mengatur sendiri rasio putaran mesin terhadap roda untuk mendapatkan laju mobil yang diinginkan.
Berikut penjelasan singkatnya:
Pada mobil matic, perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik
Pada mobil matic, perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik dengan memperhitungkan berbagai parameter. diantaranya, putaran mesin, pijakan pedal gas, kecepatan, dan parameter yang lainnya. jadi, pengemudi tidak lagi diributkan dengan takometer, speedometer, pedal kopling dan 4 hingga 6 tingkat percepatan saat melaju di jalanan. pengemudi hanya perlu memindahkan tuas trasnsmisi pada posisi ‘D’ dan injak pedal gas sejak mobil berhenti hingga kecepatan maksimal dari mobil tersebut.
Pada mobil manual, rasio perbandingan putaran antara mesin dan roda diatur oleh barisan roda gigi
Pada mobil manual, rasio perbandingan putaran antara mesin dan roda diatur oleh barisan roda gigi yang memiliki rasio berbeda-beda didalam sebuah box transmisi. dari dalam transmisi tersebut, terdapat tuas yang biasa anda gerakkan ketika anda ingin menambah gigi untuk mendapatkan rasio yang lebih berat saat berakselerasi. tuas tersebut mengatur pasangan roda gigi mana yang digunakan pada tiap-tiap tingkat percepatan yang dipilih oleh pengemudi. jadi pengemudi harus berkonsentrasi pada putaran mesin dan memindahkan gigi transmisi disaat yang tepat untuk melakukan akselerasi mulai berhenti hingga kecepatan yang diinginkan. Itulah perbedaan mendasar pada mobil manual dan mobil matic.
Tambahan:
Nissan GT-R adalah Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis
Ada juga sistem transmisi semi otomatis. dimana perpindahan gigi dilakukan oleh aktuator robotik. akan tetapi pemilihan percepatan tetap diserahkan pada pengemudi. Dengan demikian perpindahan rasio dapat terjadi dengan cepat dan halus, akan tetapi performa mesin masih dapat dikail hingga RPM mesin yang diinginkan dengan memilih tingkatan rasio secara manual.
Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis:
– Nissan GT-R
– Mitsubishi Lancer Evolution X
Mitsubishi Lancer Evolution X adalah Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis
mobil matic tidak ada pedal clutch karena itu kaki kiri kita tidak perlu menginjak. ini sangat membantu orang yang cacat atau lumpuh sebelah kaki (terutama kaki kiri, untuk stir kanan).sedangkan mobil manual harus menggunakan kedua kaki, yakni kaki kiri untuk injak pedal clutch dan kaki kanan injak pedal gas atau rem.untuk persnelling mobil matic bekerja secara otomatis pada setiap pencapaian kecepatan dan pengoperasiannya hanya mengikuti kondisi jalan.Sedangkan mobil manual menggerakkan persnelling diikuti penginjakan pedal clutch.
Mobil manual menggunakan sistem transmisi yang digerakan oleh manusia
Mobil manual menggunakan sistem transmisi yang digerakan oleh manusia. Jadi manusia sebagai sumber utama penggerak transmisi. Mobil matic menggunakan sistem transmisi matic yang digerakan otomatis oleh mesin itu sendiri. Jadi didalam mesin mobil tsb sistem kopling dan transmisi bekerja otomatis karena ada komponen yang jumlahnya lumaya banyak yaitu sbb :
1. Torque Konverter
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
kalau mobil manual sistem transmisinya sedikit :
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…

Request artikel boleh kirim via emai atau komentar.

Semoga Bermanfaat :)

Komentar kamu sangat berharga bagi kami

Just share, Berbagi :)

motor 1:

Honda Pcx:mungkin agan2 to sista2 dah ngga asing lagi sama matik keluaran honda ini tapi liat body sama stylenya udeh bikin ane terkesima gan..(gahar abis)
motor 2:

BMW C SCOOTERNah ini baru kesukaan ane gan..
Liat tuh bodynya ,kepalanya apalagi rodanya gan bikin ane jatuh cintrong
Persis banget kaya motor yang ada di film Tron gan..
motor 3:

Ducati ScootsterNih dia motor matic khas Ducati gan..
Body bongsor, panjang, dan merah gahar bikin ane merinding ngeliatnya.
Dijamin kalo naik ini pasti agan2 dilirik deh..
motor 4:

Yamaha T-MaxNah kalo yang ini keluaran Yamaha gan..
Yah agak mirip sih sama Pcx tapi ada yang beda gan..
Bedanya cuma di kaca depan pelindung debu gan hehehe..

gambar 5:

Hummer ScooterNah gan ini dia yang paling unik gan.
Hummer yang biasanya ngeluarin mobil gahar skarang ngeluarin motor yang gahar pula gan.Dari samping emang kaya ATV gan tapi percayalah ini cuma punya 2 roda..
Bannya juga khas ban hummer yaitu ban gerigi.Wah manteb dah gan..
gambar 6:

Suzuki Burgman 400Nah ini kalo buatan Suzuki gan..
Dengan mesin satu silinder dan tanki bensin 13,5 liter.
Bedanya dengan tetangganya (Honda dan Yamaha) adalah kepalanya gan agak sedikit “gemuk” tapi teteeep bikin kita dilirik gan kalo ngendarain ni motor.
gambar 7:

Minerva Sachs GTR 150Nah kalo ini produksinya Minerva gan..
Ada yang unik dari dari matic yang ini gan..
Liat ke pijakannya deh..ga seperti matic pada umumnya gan.
Pijakannya emang di desain kaya motor manual gan.
Dijamin gan kalo agan make ni motor ga bakal kliatan kaya make motor matic dah gan..

BONUSS !!!

Piaggio:

PIAGGIO MP3

Honda DN01 Concept:
yamaha s3+

Jadi pilih yang mana ???? 😀

Komentar kamu sangat berharga bagi kami

Just share, Berbagi :)

Sumber

Ciao Marco Simoncelli 

marco simoncelli merupakan tokoh 2011.memulai musim dengan brilian kemudian melakukan hal gila di tengah musim dan menjadi sumber caci maki hingga menunjukan kedewasaanya menjelang akhir musim. Tapi apa yang terjadi memang sangat ironis, dunia kehilangan Simoncelli untuk selama lamanya … Ciao Marco

Akhir Era 800cc dan 125cc

musim 2011 merupakan akhir dari era mesin 800cc dan era 125cc. khusus untuk era 125cc setelah puluhan tahun maka kelas ini berubah menjadi Moto3 sekaligus jadi akhir balapan 2tak sementara era 800cc sendiri dikenal sebagai era “mahal” yang memaksa beberapa tim pabrikan untuk hengkang … Sayonara 800cc … good bye Gp125

Pensiunnya Loris Capirossi

21 satu musim balapan, 99 podium dan 9 kemenangan di kelas motogp. Capirex memutuskan gantung helm dan bekerja dibalik layar MotoGP. Apakah ini sebuah tragedi? Rasanya sih enggak! pasalnya Loris Capirosi dipastikan tetap aktif di dunia roda dua. Capirex hanya berganti peran saja :D

 

Komentar kamu sangat berharga bagi kami

Just share, Berbagi :)

Sumber : Mbah Dukun

%d blogger menyukai ini: